Rabu, 07 Desember 2011

komunikasi antar budaya


Komunikasi antar budaya
Komunikasi antar budaya tidak mungkin dapat dihindari selain itu juga sangat penting bagi penduduk semua negeri di era globalisasi saat ini. Kemunculannya sangat mendesak karena interdependensi antarbangsa semakin nyata, dibidang ekonomi, iptek, politik, dan kebudayaan. Disamping itu karena mobilitas penduduk dunia ini semakin tinggi dan luas, kemajuan teknologi komunikasi yang luar biasa pesat. Dalam proses komunikasi antarbudaya itu antara sumber dan komunikan berasal dari latar belakang kebudayaan yang berbeda. Disinilah maka timbul keunikan dari komunikasi antar budaya.
Factor-faktor yang menyebabkan pentingnnya komunikasi antarbudaya :
1.     Mobilitas, Porter dan samovar mengatakan, dalam dekade 1960-an dan 1970-an bebagai peristiwa telah menimbulkan pengaruh besar di dunia. Pembangunan yang cepat dn luas dibidang transformasi dan komuniaksi telah menyebabkan dunia susut. Apabila memasuki era dunia maka mobilitas telah meningkat, sehingga jarak tidak menjadi masalah. Pesawat bisa membawa kita kemana saja dalam waktu yang singkat. Para pedagang internasional, mahasiswa-mahasiswa asing, terutama turis-turis memasuki dan keluar dari aneka ragam budaya yang sering tampak asing dan kadang-kadang misterius. Dan kini banyak kesempatan  untuk melakukan hubungan-hubungan antarbudaya dalam kehidupan sehari –hari (mulyana &rakhmat, 1993:12).
2.    Saling ketergantungan ekonomi
Secara ekonomis kebanyakan Negara saling ketergantungan terhadap Negara lain, karena dalam satu Negara tidak bisa memproduksi semua kebutuhan warga Negara. Maka dari itu diperlukan hubungan dengan Negara lain.
3.    Teknologi komunikasi
Semakain pesatnya kemajuan dan perkembangan teknologi komunikasi telah membawa budaya luar yang  ada kalanya asing masuk ke Negara kita. Teknologi telah membuat komunikasi antar budaya menjadi lebih mudah, praktis, dan tidak dapat terhindarkan.


1 komentar: