Selasa, 10 Januari 2012


PANAS BANGET YAA HARI INIII……?????????????
Pertanyaan tersebut sering terdengar dari orang-orang disekitar bahkan dari diri kita sendiri. Banyak data yang menujukan bahwa  suhu panas dibumi semakin meningkat dari tahun ketahun. Selain semakin panasnya suhu di bumi juga banyak terjadi bencana-bencana, hal ini langsung terkait dengan isu global yaitu pemansan global yang biasa disebut global warming. Secara singkat global warming adalah peningkatan suhu rata- rata permukaan bumi. Semakin panasnya suhu dibumi di sebabkan karena gas –gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktifitas manusia. Beberapa jenis gas rumah kaca bertanggung jawab langsung terhadap pemanasan yang dialami di muka bumi dan manusialah contributor utama dari terciptanya gas-gas rumah kaca tersebut. Kebanyakan dari gas rumah kaca tersebut dihasilkan oleh peternakan, pembakaran bahan fosil pada kendaraan bermotor, pabrik-pabrik modern, serta pembangkit tenaga listrik.
Atmosfer bumu terdiri dari bermacam-macam gas beserta fungsi- fungsinya yng berbeda. Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetap hangat disebut dengan gas rumah kaca. Karena system kerja gas- gas tersebut di atmosfer bumi mirip dengan cara kerja rumah kaca yang berfungsi menahan panas matahari di dalamnya agar suhu didalam rumah tetap hangat, dengan begitu tanman yang ada didalamnya pun akan dapat tumbuh dengan baik karena memiliki panas matahari yang cukup. Dan planet kita pada dasarnya membutuhkan gas-gas tersebut untuk menjaga kehidupan di dalamnya, tanpa keberadaan gas rumah kaca, bumi akan menjadi terlalu dingin untuk ditinggali karena tidak adanya lapisan yang mengisolasi panas matahari. kontributor terbesar pemanasan global saat ini adalah Karbondioksida,  mentana yang dihasilkan agrikultur, nitrogen dari pupuk dan gas-gas yang digunakan untuk kulkas dan pendingin ruangan.
Rusaknya hutan –hutan yang seharusnya berfungsi sebagai penyimpan oksigen juga semakin memperparah keadaan tersebut karena pohon-pohon yang akan mati akan melepaskan karbondioksida yang tersimpan dijaringannya ke atmosfer. Setiap gas rumah kaca memiliki efek pemanasan global yang berbeda-beda.
Ada beberapa yang bisa kita lakukan untuk mencegah atau pengurangi pemanasan global :
1.   Matikan listrik (jika tidak digunakan jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan stanby).
2.   Ganti bohlam lampu ke jenis CFL sesuai daya listrik, meski harganya agak maha akan tetapi lebih hemat dan awet.
3.   Tanam pohon disekitar rumah atau lingkungan.
4.   Gunakan kendaraan umum, dapat mengurangi polusi udara.
5.   Hemat penggunaan kertas.
6.   Mengurangi penggunaan AC, Kulkas, dll.


1 komentar:

  1. apakah anda setuju dengan statement manusialah yang paling berperan dalam makin meningkatnya suhu bumu/ global warming???

    BalasHapus